Delegasi Program Studi Ilmu Kelautan mengikuti salah satu ajang kompetisi essay yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara pada Kamis, 14 November 2019 bertempat di ruang Auditorium Universitas Maritim Raja Ali Haji. Kompetisi ini beranggotakan 5 orang disetiap timnya. Tim Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu kelautan yang di ketuai Nahdah Ayatillah, dan beranggotakan Ramona Destrica, Zuhrotul Lailiah, Desi Nurlianti dan Inur Eriska. Setiap tim dapat memilih salah satu subtema yang telah ditentukan panitia seperti: Ekonomi, Pendidikan, Teknologi, Kemaritiman, dan Sosial Kemasyarakatan.

Kompetisi essay ini bertemakan “Tanjungpinang Menuju Smart City: Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0 Melalui Inovasi”. Hal ini diharapkan mahasiswa dapat menuangkan ide/gagasannya dalam sebuah tulisan berbentuk essay bagaimana Tanjungpinang menuju smart city tersebut. Delegasi prodi Ilmu Kelautan berhasil mendapatkan predikat essay terbaik dalam subtema kemaritiman dengan judul Aplikasi HTN (Hasil Tangkap Nelayan) Menangani Masalah Buruknya Kualitas Ikan di Pasaran, serta Membantu Meningkatkan Perekonomian Nelayan Tanjungpinang.

Perwakilan Tim HIMA Ilmu Kelautan (tengah) Menerima Penghargaan Predikat Essay Terbaik

Pada essay ini, berbicara tentang aplikasi HTN. Aplikasi HTN memanfaatkan kecerdasan teknologi yang ada di era digital saat ini, sebagaimana yang kita ketahui arus informasi dapat kita terima dengan begitu cepat, sehingga dalam proses jual beli hasil tangkap nelayanpun dapat melalui sistem web service. Aplikasi ini dapat menampilkan stok hasil tangkap nelayan yang tersedia, terdapat peran nelayan sebagai penjual, konsumen/pembeli, maupun peran admin aplikasi HTN. Melalui inovasi mengenai Aplikasi HTN diharapkan mampu mewujudkan Tanjungpinang menuju smart city dalam menjawab tantangan revolusi industri 4.0.  

Oleh: Ramona Destrica dan Nahdah Ayatillah